Pindah ke: rosimeilani.com

Guys, sekarang aku punya domain sendiri. rosimeilani.com

Main-main ke sana, yuk! blognya lebih seru. Sering digelar GA berhadiah makanan 😀

Yuk, cuuusss….

Advertisements
Posted in Tulisan Perjalanan | 1 Comment

Hadiah Buat Anak Manis

Satu dari sekian banyak senangnya bersekolah di sini, tim pengajar n management sekolah sering ngasih reward sama murid. Entah hanya berupa selembar sertifikat, sampai hadiah berupa voucher belanja.

Di akhir term, si bungsu, Alba, sering kali dapat 100% attendance certificate. Emang sih, hadiahnya cuman selembar sertifikat. Tapi ada rasa lain yang bisa dirasakan anak-anak. Merasa diapresiasi. Dampaknya, si anak jadi ogah bolos. Kadang kalau Alba rada anget badan dikit, saya suka nahan dia untuk tidak pergi sekolah. Tapi dia bersi keras, teuteup pengen masuk sekolah. Begitupun ketika ada ulangan/tes, banyak PR yang susah, bakal ketemu guru galak, tak ada alasan. Teuteup harus masuk, meski plus deg-degan.

Ada lagi bentuk reward lainnya, Alba pernah dapat emblim apa gitu.. (di KBBI sih tertulis emblem, hahaa.. ini kata jadul amat. Pokonya, sejenis pin yang disematkan di jas gitu deh 😀 )

Kayak senioritas, mungkin sejenis OSIS, gitulah kira-kira. Kurang paham gimana cara penilaian untuk mendapatkan emblim tersebut. Nah, jika si adik kelas ada masalah atau ada pertanyaan apa.. gitu bisa minta bantuan ke kaka kelas yang pake emblim tersebut. Dampak pemberian emblim itu, bikin si kaka kelas bangga karena diapresiasi sama management sekolah untuk bisa bermanfaat bagi adik kelasnya.

Salah satu bentuk apresiasi lainnya, beberapa waktu lalu Alba dikasih amplop sama sekolahan. Trus dia menyodorkannya pada saya. Oh.. rupanya dia dapat voucher belanja atas sikapnya yang manis di sekolah.

Di amplonya tertulis Behavior 2nd. Bahasa resminya anak berkelakuan terbaik kedua di kelas angkatannya. Hadiah buat anak manis itu berupa voucher belanja sebesar £10. Lumayan bingits kan? Modalnya cuman jadi anak manis. Gampang kan.

Dasar anak manis, 2 kali ke town, 2 kali bingung. Muter-muter toko ga jelas mau beli apa. Ditawarin ini gak mau, ditawarin itu gak perlu. Kalau soal belanja-belanji, emang sepertinya Alba dapat gen dari saya 😀
Kalau gak ada yang perlu dibeli, kenapa harus dibeli. Walhasil itu voucher belom diapa-apain.

“Gimana kalau mamih belanjain aja, dek?” tanya saya.
Sok aja, jawabnya.
Tapi, mamih juga bingung, mau beli apaan ya?
Walhasil itu voucher udah sebulan ada di dompet sampe lecek keluar masuk 😀

Kadang, reward itu hanya sebuah efek baik. Ya, kadang hadiah bukan sesuatu yang ditunggu kalau kita melakukan sesuatu dengan senang hati dan iklas. Tsahhhh…. 😀

photo

Posted in Tulisan Perjalanan | 4 Comments

Oleh-Oleh Mudik

Jauh-jauh hari sebelum acara mudik, reka rencana udah disusun sedemikian rupa. Daftar makanan yang diincar udah di list. Bumbu dapur beserta teman-teman isi lemari dapur begitu pula. Destinasi buat ngelayap tak luput dari catatan. Dan, yang terpenting saya pengen liat penampakkan hasil tulisan yang telah dimuat di berbagai media itu.

Sumpeh, penasaran banget, sejak nyemplung di dunia tulis-menulis, efektifnya di taun 2012, belum satupun karya yang saya pegang. Artinya, benar-benar memegang buku ataupun media cetak (koran, tabloid, majalah) yang ada tulisan sayanya.

Dikeluarkanlah sama bapak benda-benda kertas itu dari lemari. Alamakkk… banyak amat. Meskipun tulisan sayanya cuman satu atau setengah halaman koran, bapak mengarsipnya satu edisi koran itu. Kalau majalahnya sih, emang gak mungkin disobek yang ada artikelnya saya doang, dong ya? Apalagi buku 😀

Sebagian diantaranya udah pada kuning dan berdebu. Sambil buka sekilas-sekilas, saya senyum-senyum lihat penampakan tulisan ndiri. Rencananya sih, sejak dari UK, niat banget mau dipotoin buat arsip. Tapi ribet juga. Toh sebagian udah saya dapatkan dari versi digitalnya. Baik yang gratisan maupun yang beli lewat SCOOP.

“Jadi, mau dibawa gak nih?” tanya bapak.
Pengen sih. Tapi mana mungkin? membaca aja aku sulit, hahaha… (korban iklan anak tahun 80’an)
Terpaksa, karena keterbatas jatah bagasi yang hanya 23kg itu, saya hanya mampu membawa belasan buku saja. Semua majalah bukti terbit tak satupun yang terbawa, ihiks.

Buku-buku yang saya bawa itu diantaranya, buku antologi saya, buku hasil GA/kuis yang digelar teman maya (malah ada yang sejak jaman MP), buku yang dikasih sama penulisnya langsung, yang dapat beli juga ada.

Sungguh, sebenarnya saya pengen banget bawa semua itu buku. Terutama yang dikasih teman-temin penulis sekalian. Tapi, ya gitu deh…
Jadi maaf, jika buku pemberian teman-temin n bukter majalah dari pemred yg kece gak kebawa ke UK. Semoga mudik berikutnya, bisa kebawa, plus yang baru dibeli n dikasih beberapa minggu yang lalu.

Nah, sejak pulang mudik awal Januari, saya sakit cukup lama. Jadi bawaannya lemes, pengennya leyeh-leyeh mulu. Cocok banget sama cuaca yang dingin sambil baca buku teman-temin penulis sekalian.

Tapi kenapa ya? Kebanyakan baca jadi males nulis? Masa dalam sebulan cuman ngasilin 1-2 tulisan doang? Hufff… malas ini membunuhkuuuuu (pegang mik ala Ryan The Massive). Membunuh kebiasaan nulisku maksudnya.

Ini nih penampakkan bukunya teman-teminku.

photo 3

Posted in Tulisan Perjalanan | 6 Comments

Pengumuman Pemenang Kuis GA Buku Jelajah Inggris

Halo para peserta Kuis GA buku #jelajah inggris
Udah ga sabar nunggu pengumumannya ya?

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh peserta kuis yang telah berpartisipasi.

Baiklah, tanpa berlama-lama, ini dia 4 pemenang buku Jelajah Inggris:

  1. Chaicha, twitter: @chaaacil
  2. Zalfaa Azalia, twitter: @ZalfaaAza
  3. rilia, twitter: margajap
  4. Cynthia aprilia Lee, twitter: vivicynthia

Selamat kepada para pemenang! Masing-masing mendapatkan satu eksemplar buku Jelajah Inggris. Hadiah disponsori oleh Elexmedia. Saya ucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Ninin yang berkenan memberikan hadiahnya.

Karena Elex baik hati, pemenangnya gak hanya 4 orang itu saja loh. Ketika saya tembak Elex di twitter, mas/mba miminnya mau ngasih hadiah tambahan. Elexmedia emang keren! (Y) Tapi judul bukunya belum disebutkan oleh Mimin  yang baik hati 😀 Yang jelas, bukunya pasti kece. Dan berikut ini 4 pemenang lainnya yang masing-masing mendapatkan satu buku dari Elexmedia juga

1. Khurie Nuraviana, twitter: nur khurie.

2. Dian E. Suryaman, twitter: LuvNaresKinar.

3. Falfany, twitter: AlfianiFitri.

4. Chyta bella, twitter: @chybel16.

Selamat untuk para pemenang!  Dan jangan bersedih buat yang belum beruntung.

Sesuai pesan sponsor, mohon kirimkan data diri berupa:
– Nama Lengkap.

– Alamat + kode pos + no. Hp

– Alamat email.

Data dikirim ke: meilanirosi@gmail.com

Keputusan ini bersifat mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

Terima kasih semuanya.

Worcester, 30 September 2014

Rosmel

Posted in lomba | 4 Comments

Kuis GA Buku Jelajah Inggris

Dalam rangka promo Buku Traveling Jelajah Inggris, saya mau ngadain kuis GA nih.
cover buku jelajah inggris

Adapun pertanyaannya, berikut ini:

1. Siapakah pencipta tokoh Sherlock Holmes?
2. Apakah nama makanan khas orang Cornwall?
3. Era Victoria, ialah jaman Ratu Victoria berkuasa. Pada tahun berapa kah itu?
4. Anda tahu CS Lewis dan JRR Tolkien atau pencipta tokoh Narnia dan Hobbit? Semasa muda, mereka pernah tinggal di kota kecil yang terkenal akan perbukitannya. Di sana pulalah penulis buku Jelajah Inggris pernah tinggal. Apakah nama kota kecil tersebut?
5. Sebutkan nama jalan/kawasan perniagaan bernuansa islami di Kota Birmingham.

1. Jawaban dikirim melalui “Message” (DM) Twitter:https://twitter.com/rosmeryashalba.
2. Peserta kuis harus mem-follow penulis terlebih dahulu.
3. Kirim jawaban selambatnya hari Minggu, 28 September 2014 jam 23.59 BST (British Summer Time) aka Senin, 29 Sept 2014 jam 5.59 WIB.
4. Setelah mengirim jawaban, silakan twitt:
ikutan @kuisgiveawaybukujelajahinggris
Mention https://twitter.com/rosmeryashalba dan Elex Media

Penulis menyediakan 4 buku untuk 4 pemenang.
Pengumuman pemenang Hari selasa, 30 September 2014.

Buat anda yang telah memiliki buku #jelajahinggris pasti bisa menemukan semua jawaban di atas.
Tapi, jangan khawatir, buat yang belum memiliki buku tersebut, bocorannya ada di di twitter saya. Makanya buruan follow.

Salam manis selalu 😀
Rosmel

Posted in Tulisan Perjalanan | Tagged | 4 Comments

Cernak di Koran Anak Berani

Masih bermain di cernak. Kali ini cernakbung. Cerita anak bersambung. Satu cerita, dua kali tayang. Ini adalah cerbung ke tiga yang dimuat di Koran Anak Berani yang terbit seminggu sekali.

Judul: Berbagi Kasih.
Tayang: Edisi 18 Agustus 2014 dan Edisi 25 Agustus 2014
koran anak berani cerbung koran anak beraniKAB cover 18-25 agust

Posted in Cerpen Anak, Koran | Tagged | 2 Comments

Cerita Anak di Koran Suara Merdeka

Dari sekian genre tulisan, saya paling suka menulis catatan perjalanan dan cerita anak.
Cerita anak kali ini mejeng lagi di Koran Suara Merdeka, Edisi Minggu 10 Agustus 2014.
SM rumah kue

Posted in Cerpen Anak, Koran | Tagged | Leave a comment

Lebaran berkesan

Biar kata tinggal di negeri orang. Tapi lebaran kami selalu berkesan.
Kumpul-kumpul di rumah kami (Worcester) inipun saya buatkan artikelnya. 
Mejeng di Koran Tribun Timur deh…
Kenapa Tribun Timur? karena sesepuh pengajian kami berasal dari Makasar.
Ketika artikel ini tayang, tentu saja keluarga beliau senang sekali membaca dan melihat foto kami yang berkumpul bersama penuh suka cita di hari kemenangan. 
Idul Fitri 1435 H.

tribun timur lebaran

Posted in Feature, Koran | Tagged | Leave a comment

Rasullallah pedagang yang bijaksana

Tahukah anda bahwa Rasulallah Muhamad SAW, adalah seorang pedagang yang bijaksana?
Bijaksananya seperti apa?
Dalam menjual barang dagangannya Beliau tidak menentukan tarif barang tersebut. 
Tapi memberitahukan modal dasar dagangannya, lalu memberikan keleluasaan pembeli untuk melebihkan keuntungan baginya.

Sirah nabi dalam bentuk cerita anak ini dimuat di Majalah Potret Anak Cerdas, terbitan Aceh, Edisi 8, Bulan Juli 2012.
potret anak cerdas-sirah nabi

Posted in Cerpen Anak | Tagged | Leave a comment

Membaca kalamNYA setiap hari

Selalu ada cerita dibalik cerita.

Sebelum ber-ODOJ, saya susah sekali komit membaca Quran setiap hari. 
Tapi setelah ber-ODOJ, membaca Quran itu jadi sebuah kebutuhan.
Dan, seputar hal ini, saya tuliskan dalam sebuah artikel yang dimuat di Majalah Baca terbitan Aceh Edisi Mei 2014.

Odoj, BACA

Posted in Feature | Tagged | Leave a comment